Selamat Datang. Powered by Blogger.

Pengertian Modem

DIEKY'S BLOG

on Tuesday, August 6, 2013 | 8:58 PM

Modem merupakan singkatan dari Modulator dan Demulator . Modulator merupakan tempat mengirim sinyal informasi ke sinyal pembawa(carrier) maksudnya saya mengirim informasi dan sinyal informasi itu pergi ke modem . sedangkan Demulator merupakan tempat menerima sinyal pembawa(carrier) menjadi sinyal informasi .maksudnya setelah saya kirim maka modem akan menerima nya dari sinyal pembawa(carrier) menjadi sinyal informasi pula kembali .

Sinyal pembawa dapat disebut pula sebagai sinyal analog dan sinyal informasi dapat pula disebut sinyal digital seperti yang telah kita pelajari tentang pembahasan wifi yang lalu. Bawah komunikasi bisa terjadi karena adanya pertukaran komunikasi 2(dua) arah
Jadi kita dapat menyimpulkan bahwa pengertian modem merupakan cara mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital atau sebaliknya .

Cara kerja modem pula bervariasi namun sama tujuannya saya akan lebih menjelaskan bagaimana cara kerja modem hingga sampai tujuan . contohnya saya sedang bermain facebook pada saat keadaan ini saya mengetik www.facebook.com alamat facebook.com itu merupakan sinyal digital yang saya kirim. berarti setelah saya kirim akan diproses , proses tersebut dinamakan sinyal analog dan diterima kembali oleh modem,  setelah modem menerima, modem tersebut akan membaca menjadi sinyal analog dan dirubah kembali menjadi sinyal digital oleh modem dan dikirim menjadi sinyal analog sampai ke saya berubah lagi menjadi sinyal digital. Setelah menjadi digital barulah saya bisa masuk ke jendela facebook tinggal masukan username dan passwordsnya saja saya. Jadi sinyal analog itu seperti sinyal radio perantaranya, jalur, lintasan tempat saya kirim sinyal digital .

Modem juga bermacam-macam menurut cara pemasangannya modem di bagi 2(dua) secara internal dan secara eksternal  . menurut jaringan modem di bagi 2(dua) modem menggunakan kabel dan non kabel
  • ·         Modem internal adalah modem yang dipasang di dalam sebuah komputer seperti lan card
  • ·         Modem eksternal adalah modem yang dipasang di luar komputer biasanya seperti USB  modem
  • ·         Modem yang menggunakan media kabel yaitu sebuah kabel yang digunakan sebagai  media perantara contohnya Modem menggunakan kabel Telepon
  • ·         Modem tanpa kabel modem ini biasanya tanpa menggunakan kabel contohnya USB    modem atau modem Wireless


Nah itu lah sekilas pengertian tentang modem semoga bermanfaat untuk anda 


/[ 0 comments Untuk Artikel Pengertian Modem]\

Post a Comment